Asal Usul ISIS dan Perkembangannya

By Unknown -
Anehnya.com - Bagi Anda yang gemar menonton berita ditelevisi pasti tidak asing dengan nama ISIS. Bisa dikatakan hampir semua media memberitakan yang bersangkutan dengan ISIS. Yang seperti kita ketahui ISIS merupakan kelompok yang berlaku radikalis dan terkadang anarkis.

Sejarah ISIS

Tapi tahukah Anda tentang asal muasal ISIS dan perkembangannya di dunia. Berikut penjelasannya :

Kelompok ini pada mulanya terdiri dari dan didukung oleh berbagai kelompok pemberontak dan perlawanan Sunni termasuk organisasi pendahulunya yaitu Al-Qaidah di Irak (AI) pada tahun 2003-2006, Dewan Syura Mujahidin (Mujahideen Shura Council) pada tahun 2006 dan Negara Islam Irak (NIS) atau Islamic State of Iraq (ISI). 

Grup ini juga didukung oleh kelompok militan lain seperti Jaish al-Taifa Al-Mansura (Pasukan Golongan Mansura - جيش الطائفة المنصورة), Jaish Al-Fatihin (Kelompok Pemenang - جيش الفاتحين), Jund al-Sahabah (Tentara Sahabat - جند الصحابة) dan Katbiyan Anshar al-Tauhid wal Sunnah (كتبيان أنصار التوحيد والسنة), dan sejumlah suku-suku Irak yang mengaku sebagai aliran Sunni (Ahlussunnah Wal Jamaah).

ISIS tumbuh dan berkembang dengan pesat sebagai organisasi karena keikutsertaannya dalam perang saudara di Suriah dan kekuatan pemimpinnya, Abu Bakar Al-Baghdadi. Diskriminasi politik dan ekonomi atas kalangan Sunni Irak pasca jatuhnya Saddam Hussein juga membantu gerakan ini mendapat dukungan. 

Pada puncak perang Irak tahun 2003–2011, gerakan ini memiliki pengaruh besar di kawasan Irak di Al-Anbar, Nineveh, Kirkuk, sebagian besar kawasan Salahuddin, bagian Babil, Diyalah dan Baghdad dan mengklaim Bagubah sebagai ibukotanya. Pada saat berkecamuknya perang saudara Suriah, ISIS juga punya pengaruh signifikan di kawasan Ar-Raqqah, Idlib dan Aleppo.