Asal Usul Tahun Baru Masehi

By hisyammusthofa.my.id -
Anehnya.com - Kemeriahan pergantian Tahun Baru 2015 telah berlalu. Sekarang saatnya kita mewujudkan resolusi-resolusi kita ditahun ini. Tapi pernahkah Anda bertanya bagaimana awal perayaan tahun baru dan bagaimana sejarahnya.
Tahun BAru Islam
Tahun Baru Masehi pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari SM. Ditetapkan tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan menjadi Kaisar Roma. Beliau yang mencetuskan perubahan kalender Romawi menjadi Masehi. Beliau dibantu oleh ahli astronomi dari Iskkitariyah yaitu Sosigenes yang menyarankan penanggalan masehi mengikuti revolusi matahari.

Satu tahun dalam penanggalan baru itu ditetapkan 365 seperempat hari dan sang Kaisar menambahkan 67 hari pada 45 SM sehingga pada 46 SM dimulai pada 1 Januari. Kaisar juga memerintahkan agar setiap 4 tahun 1 hari ditambahkan pada bulan Februari yang secara teoritis untuk menghindari penyimpangan dalam kalender.

Beliau mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian, nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, Kaisar Augustus, menjadi bulan Agustus (Wikipedia Ensiklopedia Bebas). Dalam catatan singkat ini terlihat bahwa penanggalan Masehi bukan berasal dari budaya penanggalan Islam

Tidak lama sebelum Caesar terbunuh di tahun 44 SM, dia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian, nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, Kaisar Augustus, menjadi bulan Agustus (Wikipedia Ensiklopedia Bebas). Dalam catatan singkat ini terlihat bahwa penanggalan Masehi bukan berasal dari budaya penanggalan Islam. - See more at: http://kabarwashliyah.com/2014/01/05/perayaan-tahun-baru-masehi-budaya-yang-perlu-diluruskan/#sthash.B8qKGpuU.dpuf